3 Cara Dalam Merawat Tanaman Yang Efektif

Spread the love

Ada banyak sekali hobi yang bisa kalian geluti mulai dari melakukan hobi yang sehat seperti berolahraga. Ini juga banyak macamnya seperti bersepeda, joging, atau berolahraga di gym. Lalu ada juga yang punya hobi unik seperti mengoleksi barang-barang antik seperti mengoleksi piringan hitam sampai kendaraan-kendaraan antik. Hobi yang ekstrim juga ada contohnya memelihara binatang-binatang berbahaya seperti ular hingga tarantula. Dari sekian banyaknya pilihan hobi tersebut yang sedang lumayan digandrungi sekarang ini adalah berkebun dan pilihannya bisa menanam tanaman-tanaman produktif atau tanaman hias. Semua orang juga bisa melakukan hobi yang satu ini sebab selain mudah, juga tidak butuh banyak biaya untuk menjalankan hobi tersebut.

Manfaat Dari Hobi Berkebun

Apabila ada yang beranggapan hobi berkebun ini seperti buang-buang waktu saja maka anggapan tersebut sebenarnya tidaklah tepat. Sebab sejumlah penelitian menunjukkan adanya sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan menanam dan merawat tanaman-tanaman ini. Manfaat tersebut ada yang berkaitan dengan kesehatan sampai dari segi ekonomi. Jadi janganlah menganggap remeh hobi bercocok tanam ini malahan ada banyak sekali dampak positif yang bisa dirasakan oleh mereka yang melakukannya. Kira-kira apa sajakkan manfaat yang bisa diambul dari hobi berkebun yang disukai dari anak-anak sampai para manula ini? Dapatkan jawabannya di bawah ini :

  • Mampu membuat tubuh lebih sehat

Manfaat pertama dari hobi berkebun ini adalah bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat karena mau tidak mau kita mesti bergerak dan melakukan aktivitas fisik mulai dari menyiram tanaman, memotong daun, memberikan pupuk atau menanam sampai memindahkan tanaman. Aktivitas fisik ringan seperti ini sangat baik untuk para manula apalagi kalau mereka menanamnya di luar ruangan sehingga tubuh akan terkena sinar matahari pagi. Berkebun juga mampu meredakan stres juga jadi bagi yang sedang pusing karena urusan pekerjaan tidak ada salahnya untuk mulai melakukan kegiatan berkebun.

  • Punya sisi ekonomis

Tidak hanya memberikan manfaat dari segi kesehatan, berkebun juga punya nilai tambah dari sisi ekonomis. Contohnya menanam tanaman hias yang tadinya sedikit lama-lama menjadi banyak dan nanti bisa dijual. Atau menanam tanaman-tanaman produktif macam tomat, cabai, dan lainnya yang kalau saat panen cukup berlebih maka bisa dijual juga. Dari sini jelasnya hobi bercocok tanam benar-benar sangat menguntungkan karena jarang-jarang ada hobi yang bisa sekalian menghasilkan uang. Mengingat rata-rata hobi itu justru membuat mereka yang menggelutinya mesti keluar uang alih-alih mendapatkan uang.

3 Efektif Cara Untuk Merawat Tanaman-Tanaman

Setelah membahas mengenai beberapa manfaat dari hobi ini maka selanjutnya juga dibahas tentang 3 cara efektif dalam merawat tanaman-tanaman dan di sini lebih ditekankan pada tanaman hias outdoor. Tanaman hias sendiri untuk jenis tanamannya ada banyak macamnya dan dari peletakannya maka bisa dibagi menjadi dua. Yaitu tanaman hias yang ditempatkan di ruang terbuka seperti di halaman alias outdoor dan di dalam ruangan atau indoor. Sudah barang tentu merawat tanaman hias outdoor ini ada beberapa perbedaan dengan tanaman hias indoor.

Sehingga bagi yang masih baru mulai menjalankan hobi merawat tanaman hias ini perlu untuk mencari informasi tambahan sehubungan dengan hobi mereka ini. Karena merawat tanaman hias sendiri memang mudah-mudah sulit karena ada beberapa tanaman yang perlu perawatan ekstra karena rentan sekali layu. Sehingga kalau mau tanaman yang ditanam ini bisa tumbuh dengan baik, subur dan berbunga dengan indah mesti tahu bagaimana cara dalam melakukan perawatan yang efektif. Kesalahan dalam melakukan perawatan tanaman bisa membuat tanaman tersebut menjadi cepat mati, tidak cepat berbunga, dan perkembangannya pun lambat.  Untuk 3 tipsnya langsung saja cek di bawah ini :

  • Perhatikan teknik penyiraman air

Salah satu kesalahan paling umum yang mana sering dilakukan masyarakat kita berkaitan dengan masalah tanaman ini adalah tanaman harus diberi banyak air. Padahal ada beberapa jenis tanaman yang malah cepat layu kalau terlalu sering dan terlalu banyak diberikan air. Karena itu perhatikan dulu jenis tanaman yang ditanam apakah memang harus sering-sering diberi atau justru sebaliknya. Selain itu ada beberapa teknik dalam penyiraman air yang mesti diketahui. Pertama waktu penyiraman yang paling baik adalah pada pagi atau malah hari.

  • Berikan pupuk organik

Kemudian hindarilah menggunakan pupuk kimia dan sebagai gantinya pakailah pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos. Tidak sulit untuk mendapatkan pupuk non-kimia ini karena bisa didapatkan di toko-toko tanaman atau bisa juga mengolahnya sendiri. Seperti kompos misalnya bisa dibuat dari bahan-bahan makanan sisa sampai sampah-sampah daun. Dari segi harga juga jauh lebih murah pupuk organik ketimbang kimia.

  • Jagalah Kebersihan Di Sekitar Tanaman

Untuk tips yang ketiga dengan menjaga kebersihan di sekitar tanaman baik dari sampah-sampai sampai rumput-rumput. Jika banyak rumput maka bisa mencuri kandungan nutrisi dari dalam tanah lalu rumput juga menjadi tempat tinggal bagi hama tanaman. Selalu bersihkan sekitar tanaman kalian secara rutin agar tanaman juga terbebas dari hama.