Cara Sederhana Membuat Tanaman Cepat Tumbuh

Spread the love

Tujuan utama menanam adalah hasil panen yang tinggi dengan waktu yang singkat. Untuk mencapai tujuan tersebut maka tanaman perlu dirawat secara intensif. Tanaman tumbuh subur apabila segala kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dapat dipenuhi secara optimal. Penting mengetahui syarat-syarat pertumbuhan tanaman bagi Anda yang memiliki hobi menanam atau usaha budidaya. Pengetahuan dan pemenuhan kebutuhan tanaman itulah yang sangat menentukan hasil produksi.

Faktor Pertumbuhan Tanaman

Cepat lambatnya pertumbuhan tanaman dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Pertumbuhan tanaman akan optimal apabila kedua faktor tersebut dipenuhi. Faktor internal dan eksternal saling berkaitan satu sama lain sehingga kedua-duanya harus diperhatikan sehingga tanaman dapat cepat besar dan banyak produksinya. Berikut adalah faktor internal dan eksternal pertumbuhan tanaman :

  • Faktor Internal

Faktor internal berhubungan dengan varietas tanaman. Tanaman mampu tumbuh dengan cepat dan baik apabila berasal dari indukan dengan gen-gen unggul. Contohnya yaitu tanaman yang memiliki gen unggul dalam produksi dan tahan kondisi kritis masih dapat melangsungkan hidupnya walaupun tanaman mengalami kekurangan unsur-unsur tertentu. Pertumbuhan tanaman juga tidak terganggu oleh serangan hama penyakit apabila memiliki gen tahan. Selain gen, hormon yang dimiliki tanaman juga berpengaruh terhadap kecepatan tumbuh. Tanaman mengandung hormon pertumbuhan seperti auksin dan giberelin. Keberadaan hormon tersebut membuat tanaman tumbuh besar dengan waktu yang relatif singkat.

  • Faktor Eksternal

Faktor ini meliputi unsur-unsur dari alam yang harus dipenuhi tanaman selama proses pertumbuhan dan perkembangannya. Faktor eksternal tersebut meliputi kebutuhan unsur hara, cahaya matahari, air, dan tanah. Unsur hara diperlukan tanaman untuk melangsungkan berbagai aktivitas metabolisme. Sedangkan air dan cahaya merupakan komponen utama dalam proses fotosintesis yang merupakan proses utama tanaman untuk memenuhi kebutuhan makanan dan berpengaruh pada hasil. Tanah sendiri berkaitan dengan penyediaan unsur hara dan media yang dapat menyimpan air. Tanah yang subur dan gembur memudahkan perakaran dalam menyerap unsur hara secara maksimal sehingga tanaman dapat tumbuh dengan cepat.

Cara Cepat Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Pertumbuhan tanaman yang cepat memberikan kepuasan bagi penanam. Melihat tanaman tumbuh dengan subur dan sangat menghasilkan merupakan hal yang sangat diharapkan bagi penanam. Untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman, ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain :

  • Pemupukan

Pemupukan adalah pemberian unsur hara tambahan yang dibutuhkan tanaman untuk melangsungkan hidupnya. Pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk organik maupun anorganik. Pupuk anorganik atau yang biasa disebut pupuk kimia dapat mempercepat pertumbuhan tanaman apabila diberikan sesuai dosis. Sayangnya pemberian pupuk anorganik secara terus-menerus dan tidak bijak menyebabkan kerusakan lingkungan dan meninggalkan residu yang dapat mengancam kesuburan tanah.

Alternatif pupuk anorganik yaitu menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk hijau. Pupuk ini  lebih ramah lingkungan dan dapat meningkatkan kesuburan tanah. kelemahan dari pupuk organik yaitu kemampuannya untuk meningkatkan pertumbuhan yang relatif lama. Pemupukan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hara mikro maupun makro. Kebutuhan hara makro seperti N, P, dan K, dapat dipenuhi dengan memberikan pupuk majemuk phonska atau pupuk urea, TSP, dan KCl. Pemupukan yang benar harus berpacu pada 4T yaitu tepat dosis, tepat waktu, tepat cara, dan tepat jenis.

  • Pemberian hormon tumbuh

Hormon pertumbuhan tanaman yang utama adalah auksin, sitokinin, dan giberelin. Pada dasarnya hormon tersebut dihasilkan oleh tiap tanaman. Namun, beberapa tanaman hanya dapat memproduksi sedikit dan perlu tambahan dari luar.  Hormon-hormon tersebut dapat dipenuhi dengan menggunakan hormon kimia atau buatan alami. Contohnya yaitu hormon sitokinin yang dapat diperoleh dari air kelapa, sedangkan hormon auksin diperoleh secara alami dari IAA.

  • Pemberian bahan alami pemicu pertumbuhan

Beberapa bahan di sekitar kita memiliki kandungan yang dapat mempercepat pertumbuhan. Bahan-bahan tersebut dapat menjadi tambahan pupuk atau hormon. Contohnya yaitu pemberian kulit pisang yang sudah dipotong, air cucian beras, air bekas rebusan telur, ampas teh, ampas kopi, dan kulit bawang. Air cucian beras dan rebusan telur mengandung beberapa vitamin, mineral dan kalsium yang dapat digunakan sebagai pupuk alami. Ampas kopi dan teh juga mengandung fosfor dan magnesium yang dapat memenuhi kebutuhan hara tanaman. Selain itu, kulit bawang memiliki kandungan hormon sitokinin alami yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman.