Kumpulan Tips Dalam Memilih Bibit Tanaman

Spread the love

Saat ini ada banyak tempat atau toko yang jual bibit tanaman baik dijual secara offline maupun yang dipasarkan lewat toko-toko online. Untuk jenis bibit tanaman yang banyak dijual dan beredar di pasaran saat ini banyak macamnya ada yang berupa bibit tanaman buah-buahan sampai bibit tanaman hias. Akan tetapi bukan perkara yang mudah memang untuk bisa memilih bibit tanaman yang bagus dan kalian pun harus tahu kualitas bibit yang kalian tanam akan berpengaruh terhadap kondisi tanamannya nanti. Jika menanam bibit yang bagus tentu tanamannya akan tumbuh dengan baik pula, begitu juga dengan sebaliknya kalau bibitnya kurang bagus bakalan berefek juga pada tanamannya setelah tumbuh.

Tips Memilih Bibit Tanaman Yang Tepat

Dari penjelasan di atas maka bisa ditarik satu kesimpulan bahwa memilih bibit mestinya dilakukan secara selektif. Kalian pastinya ingin bibit yang kalian pilih bisa menghasilkan tanaman yang unggul bukan dan maksud dari kata unggul di sini yaitu tanaman tersebut mudah tumbuhnya, cepat juga berbunganya dan cepat berbuah. Tanaman yang masuk dalam kategori unggul juga mampu sekalgus lebih tahan menghadapi serangan penyakit maupun hama-hama tanaman seperti ulat, serangga, hingga jamur. Kuncinya tidak lain dan tidak bukan terleta pada pemilihan bibit tanamannya dan tenang saja, karena berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan saat membeli bibit tanaman agar tidak salah pilih dengan memilih bibit yang memenuhi kriteria berikut :

  1. Pertumbuhan bibitnya seragam

Kriteria dari bibit unggul yang pertama adalah pertumbuhannya seragam jadi maksudnya yaitu dalam sekali semai saja bibitnya langsung mempunyai pertumbuhan yang seragam. Misalnya jika tinggi dari tanam satunya 10 cm maka tinggi dari tanaman lainnya juga tidak jauh berbeda di antara 10 cm. Karena itulah saat hendak mendatangi toko jual bibit tanaman maka pastikan keseragamannya dalam pertumbuhannya pasca di semai.

  1. Bibit cepat tumbuh

Untuk kriteria kedua dari bibit tanaman yang layak untuk kalian pilih adalah bibitnya mesti cepat tumbuh. Bibit yang setelah ditanam cukup cepat tumbuh kecambahnya merupakan ciri dari bibit dengan kualitas unggul dan ada satu poin yang mesti diperhatikan di sini. Yaitu kecepatan pertumbuhan sebuah bibit tanaman sampai menjadi bibit dewasa cukup dipengaruhi juga oleh faktor penyiraman hingga pemberian pupuknya.

  1. Punya banyak akar

Beralih ke kriteria yang ketiga, suatu bibit bisa disebut unggul jika pertumbuhan akar primernya dan juga akar sekundernya terhitung banyak lalu ketebalannya juga bisa ditoleransi memakai indera. Tidak hanya itu saja, dari pertumbuhan akarnya sendiri juga cukup sejalan dengan bertambahnya usia dari tanaman bibit yang bersangkutan. Kalian bisa membeli bibit tanaman yang memenuhi kriteria ini dan masih ada kriteria lainnya.

  1. Tahan terhadap kondisi perubahan cuaca

Belakangan ini cuaca memang sedang tidak menentu jadi kadang panas terik lalu tiba-tiba turun hujan deras dalam waktu yang lama. Anomali perubahan cuaca yang cukup ekstrim seperti saat ini menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya gagal panen yang menyebabkan kerugian di kalangan petani. Masalah perubahan iklim ini memang sangat berdampak sekali pada bibit tanaman di mana pertumbuhannya menjadi kurang optimal. Oleh karena itu silahkan membeli bibit yang cukup tahan terhadap perubahan iklim.

  1. Punya daya tahan yang bagus

Tanyakan juga kepada pihak yang jual bibit tanaman apakah mereka menyediakan bibit yang cukup tahan terhadap serangan hama dan juga penyakit. Jika mereka menyediakan bibit tanaman tersebut maka kalian bisa langsung membelinya. Jika kalian perhatikan lagi sejumlah toko memang ada yang menyematkan label bila bibit tanaman tersebut bebas dari penyakit dan adanya label tersebut cukup membantu dalam memilih bibit. Sebab adanya bibit yang tahan terhadap hama ataupun penyakit merupakan ciri dari bibit berkualitas unggul.

  1. Kondisi akar, batang dan daunnya yang kokoh

Untuk kriteria terakhir dari bibit tanaman yang bagus adalah dengan memperhatikan seperti apakah kondisi akar, batang sampai kondisi daun tanaman bibitnya. Ketiga aspek tadi tidak boleh sampai kalian lewatkan dan pastikan kondisi semuanya bagus dan daunnya pun kokoh, tidak ada yang robek. Batangnya juga mesti kuat dan keras tetapi untuk tanaman cangkok ada beberapa perbedaannya. Sebab tanaman yang dicangkok ini akarnya memang belum kokoh betul supaya lebih mudah saat nanti ditanam pada lahan yang terbuka.

Beli Bibit Di Toko Online

Untuk yang berencana membeli tanaman bibit secara online maka bisa mencari seller yang punya reputasi baik dan memiliki banyak bintang sebagai bukti reputasi. Cek juga kolom komentar untuk melihat testimoni dari para pembeli. Dengan begitu kalian tak akan ragu membeli di toko jual bibit tanaman murah online di market place favorit kalian.